Kisi-kisi TKP SKD CPNS

simulasicatcpns.id – Kisi-kisi TKP SKD CPNS/Sekolah Kedinasan, Kisi-kisi Soal CPNS

Kisi-kisi-TKP-SKD-CPNS

Tes Karakteristik Pribadi CPNS/Sekolah Kedinasan merupakan rangkaian tes CPNS/Seklah Kedinasan yang termasuk dalam kategori tes psikologi.

Tes ini dimaksudkan untuk menilai dan mengukur kemampuan peserta tes CPNS/Sekolah Kedinasan dalam beberapa aspek baik sebagai personal maupun dalam organisasi, diantaranya :

Kemampuan sebagai Personal diantaranya aspek :

  1. Integritas diri
  2. Profesionalisme
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4. Semangat berprestasi
  5. Kreativitas dan Inovasi
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Kemampuan mengendalikan diri
  8. Kemampuan bekerja berkelanjutan
  9. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  10. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain

Kemampuan dalam organisasi diantaranya aspek :

  1. Pelayanan Publik
  2. Sosial budaya
  3. Jejaring kerja/kemitraan
  4. Orientasi pada Pelayanan
  5. Orientasi pada Orang Lain
  6. Kemampuan bekerja sama dengan kelompok

Berikut Kisi-kisi TKP SKD CPNS/Sekolah Kedinasan dan Cara Menjawab Soal TKP

1. Aspek Integritas diri

Integritas diri merupakan sikap yang melekat dalam diri seseorang yang membuat individu mampu bekerja secara utuh, terampil, serta tidak mudah terpecah antara prinsip dan tindakan serta antara sikap dan perbuatan

Indikator Aspek Integritas diri :

  • Memiliki tanggung jawab
  • Kejujuran
  • Memiliki budaya percaya
  • Kesetiaan pada hal-hal kecil
  • Memiliki komitmen menepati janji
  • Setia dan sikap teguh dalam mempertahankan prinsip
  • Rajin dan disiplin
  • Memiliki keberanian dan tidak mudah menyerah
  • Perhatian pada sesama
  • Komitmen terhadap organisasi, Bagiamana mengatasi konflik, Kode etik dalam organisasi telah dilaksanakan

Ciri Soal : Ada gangguan dan godaan ke arah korupsi, curang, tidak mentaati aturan, dll

Cara jawab : Pilih jawaban yang mengarah ke komitmen pribadi taat aturan, bersih, jujur, tanpa korupsi (fokus ke diri sendiri).

Contoh Soal TKP Aspek Integritas diri – DISINI

 

2. Aspek Profesionalisme

Profesionalisme adalah kemampuan serta kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga berkomitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan seorang pegawai/karyawan.

Indikator Aspek Profesionalisme :

  • Kemahiran dalam mempergunakan peralatan
  • Kesiapan
  • Tanggung jawab dalam pelayanan
  • Disiplin
  • Sikap pegawai memiliki (keterampilan, sikap, pengetahuan)

Ciri Soal : Ada gangguan terhadap pekerjaan atau ada pilihan pekerjaan dan sesuatu yang lalu

Cara jawab : Pilih jawaban untuk tetap fokus pada pekerjaan apapun gangguannya.

 

3. Aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan kemampuan serta kompetensi dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam memberikan informasi dan berkomunikasi.

Indikator Aspek TIK:

  • Mampu memahami dan menggunakan alat TIK
  • Penguasaan dibidang teknologi
  • Komunikasi secara efektif
  • Antusiasme dan penguasan bahan
  • Bersikap positif

Ciri Soal : Terdapat unsur teknologi dan komputer

Cara jawab : Pilih jawaban yang paling maju dan canggih, mengikuti perkembangan teknologi

 

4. Aspek Semangat Berprestasi

Semangat berpresitasi merupakan suatu dorongan yang terdapat dalam diri seseorang yang selalu berusaha atau berjuang untuk meningkatkan dan memelihara kemampuannya setinggi mungkin dalam semua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan

Indikator Aspek Semangat Berprestasi :

  • Bekerja keras
  • Harapan untuk sukses
  • Semangat berkompetisi
  • Kehawatiran akan kegagalan
  • Ulet dalam mengerjakan tugas walau menghadapi hambatan
  • Mengerahkan usaha
  • Memilih terlibat dalam tugas

Ciri Soal : Ada tantangan dalam pekerjaan/hal baru yang bisa diraih

Cara jawab : Pilih jawaban yang mencerminkan antusiasme, suka tantangan, dan terus belajar

Contoh Soal Aspek Semangat Berprestasi – DISINI

5. Aspek Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas yaitu kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi yaitu kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang.

Indikator Kreativitas dan Inovasi :

  • Mengkreasikan hal baru
  • Mempunyai daya imajinasi yang kuat
  • Orientasi pada pengembangan
  • Mempunyai inisiatif
  • Bersifat ingin tahu
  • Perbaikan proses yang kreatif
  • Percaya diri
  • Penuh semangat
  • Selalu ingin mendapat pengalaman baru
  • Berani menyatakan pendapat
  • Mempunyai minat yang luas

Ciri Soal : Ada unsur baru dalam diri/pekerjaan

Cara jawab : Pilih jawaban yang kreatif, bebas dan out of the box

Contoh Soal TKP Aspek Kreatifitas dan Inovasi – DISINI

 

6. Aspek Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi yang dimaksud disini adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan organisasi

Indikator kemampuan beradaptasi

  • Membina hubungan dengan rekan maupun dengan lingkungan kerja
  • Memanfaatkan waktu yang tepat untuk berkenalan
  • Selalu fokus selama menjalani proses perkenalan
  • Tidak takut terhadap perubahan lingkungan kerja
  • Bersikap tenang saat mempelajari dan memahami lingkungan kerja
  • Berkomunikasi dengan volume yang wajar
  • Ramah dan sopan pada semua orang
  • Mengenali organisasi sebaik mungkin
  • Membuat lingkungan yang bersih dan nyaman
  • Membuat diri bebas dari komplain dan merasa nyaman

Ciri Soal : Ada hal baru yang masuk, (atasan,sistem,rekan kerja) atau kita masuk dalam lingkungan kerja yang baru

Cara jawab : Pilih jawaban mencerminkan suple, adaptif, dan mau mencoba hal baru yang ada

Contoh Soal TKP Aspek Kemampuan Beradaptasi – DISINI

 

7. Aspek Kemampuan mengendalikan diri

Kemampuan mengendalikan diri yaitu kemampuan kontrol atau mengendalikan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu

Indikator Kemampuan mengendalikan diri

  • Mampu untuk memengaruhi/memodifikasi suatu keadaan yang tidak menyenangkan
  • Mampu mengantisipasi suatu peristiwa/kejadian
  • Menafsirkan suatu peristiwa/kejadian
  • Mengambil keputusan/memilih tindakan yang diyakini/disetujui
  • Kesadaran diri
  • Mampu bersikap dewasa
  • Pengendalian perasaan (emosi)

Ciri Soal : Ada ujian (misal gagal ujian, rugi, bangkut) dam juga unsur emosi, kesabaran (perdebatan dalam rapat)

Cara jawab : Pilih jawaban mencerminkan sabar dan menerima kenyataan

Contoh Soal TKP Aspek Kemampuan Mengendalikan Diri – DISINI

 

8. Aspek Kemampuan bekerja berkelanjutan

Kemampuan berkerja berkelanjutan adalah kebesaran tekad untuk terus belajar dan berkembang

Indikator Kemampuan bekerja berkelanjutan :

  • Tekad pengembangan diri
  • Gemar membaca
  • Mengikuti pelatihan pengembangan diri
  • Terus belajar dan berkembang
  • Berpikir maju
  • Tertantang untuk maju

Ciri Soal : Ada unsur diklat, pendidikan, bimbel, kursus

Cara jawab : Pilih jawaban kenginan belajar tinggi dan terus-menerus

Contoh Soal TKP Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan – DISINI

 

9. Aspek Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas

Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas adalah kemampuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar dengan waktu yang cepat dengan menggunakan sumber daya yang seefisien mungkin.

Indikator kemampuan bekerja mandiri dan tuntas :

  • Tanggung jawab
  • Inisiatif
  • Otonomi
  • Menjalankan instruksi dengan sebaik-baiknya
  • Menunjukkan kemampuan bekerja mandiri sesuai kemampuan
  • Fokus, serius, dan konsisten
  • Menuntaskan pekerjaan secara bebar dan cepat

Ciri Soal : Ada sesuatu yang menghalangi kita menyelesaikan pekerjaan (tugas,sakit,rapat)

Cara jawab : Pilih jawaban yang berisi mengerjakan tugas oleh diri sendiri dan selesai.

Contoh Soal TKP Aspek Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas – DISINI

 

10. Aspek Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain (Kepemimpinan)

Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain adalah suatu proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada bawahannya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Atau dengan kata lain sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal) organisasi yang telah di tentukan.

Indikator Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain :

  • Bersifat adil
  • Memberikan sugesti
  • Mendukung tujuan
  • Katalisator
  • Menciptakan rasa aman
  • Sebagai wakil dalam organisasi
  • Sumber inspirasi
  • Bersikap menghargai

Ciri Soal : Ada unsur menggerakkan orang lain, biasanya kita sebagai atasan/pimpinan

Cara jawab : Pilih jawaban yang berisi perintah kepada orang lain secara jelas

Contoh Soal TKP Aspek Kemampuan Menggerakkan dan Mengkoordinir Orang Lain – DISINI

 

11. Aspek Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerimaan layanan/masyarakat yang harus digerakkan dan disosialisasikan secara terbuka

Indikator Pelayanan Publik :

  • Fasilitas fisik
  • Kehandalan
  • Daya tanggap
  • Jaminan
  • Empati

Ciri Soal : Terdapat unsur pelayanan publik

Cara jawab : Pilih jawaban yang paling menguntungkan dan beroreiantasi pada masyarakat atau orang banyak

Contoh Soal TKP Aspek Pelayanan Publik – DISINI

12. Aspek Sosial Budaya

Sosial dan budaya artinya segala sesuatu/hal yang diciptakan oleh manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat

Indikator Sosial dan Budaya :

  • Kemajuan ilmu pengetahuan
  • Teknologi dan seni
  • Penghormatan terhadap identitas budaya
  • Kesadaran terhadap hukum dan HAM
  • Kemampuan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
  • Kemampuan mengakses fasilitas yang tersedia

Ciri Soal : Terdapat unsur kebijakan publik

Cara jawab : Pilih jawaban yang mengarah ke bersih, tanpa korupsi, jujur

 

13. Aspek Jejaring kerja/kemitraan

Jejaring kerja yaitu merupakan suatu kegiatan dalam berorganisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi antar bagian dari suatu organisasi atau dengan organisasi lain sehingga akan memudahkan dalam mengatasi masalah untuk tujuan bersama

Indikator Jejaring kerja/Kemitraan :

  • Saling memahami dan menghargai
  • Memberikan dorongan dan dukungan
  • Keaktifan dalam bermitra
  • Kontribusi mitra dalam upaya pencapaian tujuan
  • Kemampuan bekerja sama dengan kelompok/mitra

Ciri Soal : Terdapat unsur kinerja, koneksi

Cara jawab : Pilih jawaban yang mencerminkan sikap supel dan terbuka ke semua orang

 

14. Aspek Orientasi pada pelayanan

Orientasi pada pelayanan merupakan keinginan untuk membantu atau melayani orang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Artinya berusaha mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Indikator Orientasi pada Pelayanan :

  • Merespon pelanggan dengan cepat
  • Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
  • Senang melayani orang lain
  • Memelihara komunikasi dengan baik
  • Bertindak untuk pelanggan
  • Menanggapi kebutuhan mendasar pelanggan
  • Mengambil tanggungjawab pribadi

Ciri Soal : Ada unsur pelayanan yang berhubungan dengan layanan ke pihak luar

Cara jawab : Pilih jawaban yang mengarah untuk kepentingan orang lain diluar kepentingan tim/kelompok

Contoh Soal TKP Aspek Orientasi Pada Pelayanan – DISINI

 

15. Aspek Orientasi pada orang lain

Orientasi pada orang lain merupakan kemampuan dalam membantu orang lain
dalam memberikan solusi ataupun menyelesaikan masalahnya.

Indikator Orientasi pada Orang Lain :

  • Kepedulian dan tingkat empati dengan permasalahan yang dihadapi orang lain
  • Mendukung dan memperhatikan kebutuhan individu dalam mencapai tujuan
  • Tidak egois dan tidak acuh terhadap kepentingan orang lain

Ciri Soal : Situasi dalam kelompok

Cara jawab : Pilih jawaban yang berorientasi pada orang lain didalam kelompok, misal rekan kerja

Contoh Soal TKP Aspek Orientasi Kepada Orang Lain – DISINI

 

16. Aspek Kemampuan bekerja sama dengan kelompok

Kemampuan bekerja sama dengan kelompok yaitu keinginan bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok

Indikator kemampuan bekerja sama dengan kelompok :

  • Kesadaran masing pihak mengakui kemampuan masing-masing
  • Semua pihak bekerja sama dan saling berkomunikasi
  • Peka dan saling mengerti kesulitan atau kelemahan orang lain
  • Keterbukaan
  • Melibatkan orang lain
  • Bertanggungjawab dan menanggung risiko apa yang telah diperbuat

Ciri Soal : Ada tugas/kegiatan kelompok

Cara jawab : Pilih jawaban yang bekerja sama dalam kelompok

Contoh Soal TKP Aspek Kemampuan Bekerjasama Dalam Kelompok – DISINI

Baca Juga : Bank Soal CPNS TKP

Demikian informasi Kisi-kisi TKP SKD CPNS/Sekolah Kedinasan dan Cara Menjawab Soal TKP.

Mari persiapkan diri menghadapi Tes CPNS dengan memperbanyak latihan soal cpns melalui link dibawah ini :

  • Contoh Soal CPNS dan Ebook CPNS – DISINI
  • Simulasi CAT Online Gratis – DISINI

Bantu Share supaya bermanfaat bagi orang lain juga 🙂

19 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.